Minggu, 04 Oktober 2015

Nasehat-Nasehat Syetan

((KATA-KATA HIKMAH DARI SOSOK ABI MURRAH))
KARYA : 'ISHAM ABDUL FATTAH

KATA IBLIS:
SUNGGUH MENGHERANKAN MANUSIA ITU,
KATANYA MEREKA CINTA KEPADA ALLAH TETAPI MEREKA MEMBANGKANG PERINTAHNYA
KATANYA MEREKA BENCI KEPADAKU TETAPI MEREKA JUGA MENTAATIKU.

Muqaddimah

Rasulullah saw bersabda: "Hikmah adalah senjatanya orang mukmin". Kata-kata hikmah dapat disampaikan oleh siapa saja dan semua orang berhak mengatakannya.
Dari mana saja sumber datangnya hikmah yang penting hikmah itu mengandung kebenaran pada kata dan isi kalimatnya.
Orang-orang kuno mengatakan "Kebenaran yang disampaikan oleh orang yang buruk perangainya tetap saja yang dikatakan itu mengandung kebatilan", akan tetapi yang sebenarnya adalah ucapan yang benar itu tetap benar dan kebenaran itu harus diikuti.
Mereka juga mengatakan "Ambillah kata-kata hikmah dari mulutnya orang-orang gila" artinya orang yang hilang akal kadang-kadang mengatakan sesuatu yang mengandung hikmah.
Maka apakah kata-kata Syetan mengandung hikmah? Dan apakah ucapannya mengandung nasehat?
Apakah kita bisa mengambil hikmah dari "mulutnya Syetan"?.
Sebagian orang mengatakan, kalau kita mengambil hikmah dari syetan maka kita melakukan perbuatan terlarang bahkan ditolak oleh akal sehat manusia. Tetapi sebenarnya kita perlu mengkaji beberapa buku sejarah nabi dan buku sejarah lainnya yang menceritakan pembahasan tentang "Iblis" dan pengikutnya. Banyak ucapan-ucapan mereka yang mengandung hikmah tetapi untuk diwaspadai bukan untuk diikuti. Seperti kisah sahabat Abu Hurairah bersama salah satu Syetan yang direkam dalam sebuah hadits sebagai berikut:
Dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah saw memberikan amanat kepadaku untuk menjaga harta zakat Ramadhan (di Baitul Mal-pen), maka tiba-tiba ada seseorang menyelinap ke Baitul Mal dan mengambil makanan, maka saya tangkap dan saya ancam: “Demi Allah akan saya adukan kamu kepada Rasulullah saw!. Orang itu berkata: saya sangat membutuhkan bahan makanan ini dan keluargaku sangat banyak. Kemudian saya (Abu Hurairah) melepaskannya.
Ketika pagi, Rasulullah saw bertanya: Wahai Abu Hurairah, apa yang telah dikatakan oleh tawananmu tadi malam? Saya jawab: ya Rasulullah saw, tawanan itu menyebutkan bahwa ia sangat membutuhkan makanan dan mempunyai banyak keluarga, maka saya merasa kasihan dan melepaskannya, Rasulullah saw mengatakan: ia membohongimu dan ia akan kembali lagi, saya tahu bahwasanya ia akan kembali karena Rasulullah saw mengatakan demikian Di malam berikutnya saya mengintainya, maka orang tersebut datang lagi mengambil makanan, kemudian saya menangkapnya dan saya ancam lagi : “Akan saya laporkan kamu kepada Rasulullah saw!, orang tersebut itu menjawab: biarkan saya berlalu, saya sangat membutuhkan makanan karena keluargaku sangat banyak, dan saya tidak akan kembali lagi ke sini.
Saya merasa kasihan dan melepaskannya, ketika hari sudah pagi, Rasulullah saw kembali bertanya kepadaku: wahai Abu Hurairah apa yang telah dikatakan oleh tawananmu tadi malam?, saya jawab: wahai Rasulullah saw ia bilang sangat membutuhkan sekali makanan karena keluarganya sangat banyak, saya merasa kasihan dan melepaskannya lagi. Rasulullah saw mengatakan “ia membohongimu dan suatu saat akan kembali lagi”, pada malam ketiga, saya mengintainya lagi untuk ketiga kalinya, tiba-tiba orang asing tersebut datang lagi mengambil makanan, saya menangkapnya lagi, kembali saya ancam “akan saya laporkan kamu kepada Rasulullah saw, ini yang terakhir kalinya, tiga kali kamu bilang tidak akan kembali lagi kesini tetapi kamu kembali lagi.
Orang asing itu itu berkata: “biarkan saya pergi, akan saya ajarkan kepadamu suatu kalimat, yang dapat memberikan kemanfaatan kepadamu.
Saya tanya: apa itu?
Ia menjawab: jika kamu mau tidur, maka bacalah ayat kursi اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ sampai akhir ayat, maka sesungguhnya Allah akan selalu menjagamu dan tidak ada syetanpun yang akan mendekatimu sampai pagi, maka saya melepaskannya lagi, ketika sudah pagi Rasulullah saw kembali bertanya “apa yang telah dikatakan oleh tawananmu tadi malam?”.
Saya jawab: Ya Rasulullah saw ia mengajariku suatu kalimat semoga Allah memberikan kemanfaatan kepadaku dengan kalimat tersebut, maka saya melepaskan lagi.
Rasulullah saw bertanya: kalimat apa itu?
Saya jawab: Ia mengatakan: jika kamu mau tidur, maka bacalah ayat kursi dari awal sampai akhir ayat, ia mengatakan: Allah swt akan selalu menjagamu dengan bacaan ayat kursi tadi dan tidak ada syetanpun yang akan mendekatimu sampai subuh, Rasulullah saw mengatakan: apa yang dikatakan itu benar walalupun ia terkenal sebagai pendusta, wahai Abu Hurairah apakah kamu tahu siapa yang bercakap-cakap denganmu dalam tiga malam kemarin itu? Saya jawab: tidak tahu. Rasulullah saw mengatakan: itu adalah Syetan.
* * *
Pernyataan dari salah satu pengikut iblis ini mengandung hikmah yaitu bahwa ayat kursi mengandung kekuatan untuk menjauhkan manusia dari tipu daya syetan. Rasulullah saw mengatakan bahwa Syetan itu "Pendusta dan ucapannya kadang-kadang benar", untuk memberikan jawaban dari pertanyaan yang kita lontarkan yaitu adanya kemungkinan bahwa ucapan Syetan itu kadang-kadang mengandung kebenaran. Maka benarlah kalau kalimat, perbuatan dan ucapan Rasulullah saw adalah "wahyu yang diwahyukan oleh Allah" ia berkata bukan berdasarkan hawa nafsunya, beliau mensifati Syetan dengan sifat yang pas dan tepat. Kita perlu memahami bahwa ucapan Iblis beserta para pengikutnya kadang-kadang mengandung kebenaran, khususnya ucapan yang dapat kita ambil manfaatnya di kala kita menginginkan dan merealisasikannya.
* * *
Sebagaimana kami katakan bahwa dalam buku-buku sejarah nabi terdapat beberapa kejadian kisah antara Iblis, Nabi-nabi Allah, para Waliyullah, para sahabat nabi dan para pengikut nabi.
Sebagian besar Nabi dan Rasul pernah bermasalah dengan Iblis mulai dari nabi Adam as bapak semua manusia sampai nabi Muhammad saw. Terdapat catatan kisah antara para nabi dan Iblis, diantara mereka sering terjadi perdebatan. Allah menyempurnakan para nabi-Nya dengan wahyu sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah saw dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muadz bin Jabal yang akan disebutkan dalam kitab ini.
Mari kita kaji ucapan-ucapan dan nasehat-nasehat dari "Abi Murrah" dan para pengikutnya.
Isham Abdul Fattah

















Sifat Wajib & Sifat Mustahil Bagi Allah

SIFAT SIFAT WAJIB BAGI ALLAH :
Setiap muslim wajib mempercayai bahwa ada beberapa sifat kesempurnaan yang tiada terhingga bagi Allah SWT.
Sifat Wajib bagi Allah SWT ada 20, begitu juga sifat Mustahil-Nya. Maka, wajib juga kita mempercayai akan sifat-sifat Allah yang dua puluh perlu diketahui juga. Sifat yang Mustahil bagi Allah SWT.

1. Wujud , “اَلْوُجُـوْدُ “

Artinya “ada”. Maksudnya , Zat Allah Ta’ala itu ada dan mustahil apabila mempunyai sifat ‘adam ( tidak ada ). Dalilnya :
a. Dalil naqli :
Firman Allah Ta’ala dalam Q.S.. As-Sajadah : 4

اللهُ الَّذِى خَـلَقَ السَّـمـوَاتِ وَالأَرْضَ وَمَـا بَـيْـنَـهُـمَـا

Artinya : “ Allah Ta’ala yang menciptakan sekalian langit dan bumi, serta apa saja yang ada diantara keduanya “.
b. Dalil ‘aqli :
Keberadaan alam semesta ini, dapat dilihat , diraba dan dialami secara nyata dan pasti. Tentu akal mengakui, menetapkan dan menerima bahwa , itu semua tidak mungkin ada, kalau tidak ada yang menciptakannya. Tidak mungkin ada mobil, rumah dan kue , jika tidak ada yang membuatnya. Demikian juga manusia, tetumbuhan, gunung dan alam seisinya tidak mungkin ada, jika tidak ada penciptanya. Pencipta tersebut adalah Allah Ta’ala. Maka patut bagi setiap mu’min mengi’tiqadkan bahwa ia senantiasa zikir (ingat) kepada Allah Ta’ala pada setiap yang maujud (yang ada).

2. Qidam “ اَلْقِـدَمُ “

Artinya “dahulu”. Maksudnya, adanya Zat Allah Ta’ala tanpa didahului oleh ketiadaan. Mustahil Allah Ta’ala bersifat baharu, artinya didahului oleh ketiadaan. Dengan kata lain, Wujud Allah Ta’ala tidak ada permulaannya. Dalilnya
a. Dalil naqli.
Firman Allah Ta’ala dalam Q.S.. Al-hadid : 3.

هُـوَ الأَوَّلُ وَالآخِـرُ وَالظَّـاهِـرُ وَالْبـَاطِـنُ

Artinya : “Dia {Allah }yang awal {tiada permulaan bagi-Nya}. Yang akhir {tiada kesudahan bagiNya}. Yang Zahir dan yang batin”.
b. Dalil ‘aqli
Alam semesta beserta isinya, ruang dan waktu sebagai mana yang telah kita ketahui adalah, ciptaan Allah Ta’ala. Maka menurut akal, sang pencipta {Allah Ta’ala} telah lebih dahulu ada {qidam } sebelum ada ciptaan-NYA {makhluk }. Sangat mustahil jika ciptaan dahulu ada, dari penciptanya. Maka patut bagi setiap mu’min untuk mengi’tiqadkan bahwa senantiasa bersyukur kepada Allah Ta’ala yang telah menjadikannya menjadi mu’min muslim dengan taufiqNya.

3. Baqâ, “ اَلْبَـقَـاءُ “

Artinya “kekal”. Maksudnya adalah, keberadaan Zat Allah Ta’ala {Wujud-nya} kekal, tanpa ada perubahan, fana {binasa} atau berakhir. Mustahil Allah Ta’ala binasa, berubah, habis atau lenyap. Dengan kata lain, wujud Zat Allah Ta’ala tanpa diakhiri oleh kesudahan atau waktu. Dalilnya:
a. Dalil naqli.
Firman Allah Ta’ala dalam Q.S.. Ar-Rahman.

كُـلُّ مَـنْ عَـلَـيْـهَـا فَـانٍ. وَيَـبْـقَـى وَجْـهُ رَبِّـكَ ذُوالْجَـلاَلِ وَاُلإِكْـرَامِ

Artinya: “segala yang ada diatas bumi ini akan fana {binasa} dan kekallah Zat Tuhanmu {Muhammad} , yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan”.
b. Dalil ‘aqli
Semua makhluk mengalami perubahan, binasa, fana dan berakhir. Menurut akal, pasti ada yang mengakhirinya atau yang membinasakannya. Oleh karena itu, akal menemukan bahwa : ada Zat yang kekal dan yang berkuasa untuk merubah dan membinasakan, Zat tersebut adalah Zat Allah Ta’ala yang maha kekal, mustahil fana , lenyap atau binasa. Maka patut bagi setiap mu’min mengi’tiqadkan bahwa ia senantiasa ingat bahwasannya ia akan binasa (mati) supaya ia bertaubat dan banyak beristighfar

4. Mukhalafatuhu li al-hawadis,
مُـخَـالَـفَـتُـهُ لِلْـحَـوَادِثِ “

Artinya “berbeda wujud Zat Allah Ta’ala dengan sekalian yang baharu”, mustahil menyerupai atau menyamai. Maksudnya adalah, wujud Allah Ta’ala tidak menyerupai apapun dan tidaن ada apapun yang menyerupai Allah Ta’ala dalam: Zat, sifat dan fi’il- Nya. Dalilnya:
a. Dalil naqli.
Firman Allah Ta’ala dalam Q.S.Asy-Syũro : 11.

لَـيْسَ كَـمِثْـلِهِ شَـيْءٌ وَهُـوَ السَّـمِـيْـعُ الْعَـلِـيْـمُ

Artinya : “ Tidak ada sesuatu apapun yang menyerupai Allah Ta’ala. Dialah yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui “.
b. Dalil aqli
Apabila Allah Ta’ala menyerupai atau serupa dengan sesuatu pada ;Zat, sifat atau fi’il–Nya , maka Allah Ta’ala tentu serupa dengan sesuatu itu. Sehingga pencipta dan ciptaan menjadi sama, padahal yang demikian sangat mustahil dan tidak masuk akal. Oleh karena itu, Allah Ta’ala sang pencipta alam ini, pasti tidak serupa dengan segala yang baharu atau dengan kata lain, tidak sama antara khalik dan makhluk. Maka patut bagi setiap mu’min mengi’tiqadkan bahwa ia senantiasa memperbanyak tasbih kepada Allah Ta’ala

5. Qiyâmuhu binafsihi , “ قِـيَـامُـهُ بِـنَـفْـسِـهِ “

Artinya “ berdiri Allah Ta’ala dengan sendiriNya “. Mustahil minta tolong kepada sesuatu lain-Nya. Maksudnya adalah ; wujud Allah Ta’ala tidak membutuhkan kepada apapun dan kepada siapapun, selain Zat-Nya sendiri. Tidak kepada tempat, ruang dan pertolongan yang lain. Dalilnya :
a. Dalil naqli .
Firman Allah Ta’ala dalam Q.S.. Al-Ankabut : 106.

إِنَّ اللهَ لَـغَـنِىٌّ عَـنِ الْعَـالَـمِـيْـنَ

Artinya : “ Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Kaya dari sekalian alam”. Maksudnya adalah, Allah Ta’ala tidak membutuhkan suatu apapun dari alam semesta ini.
b. Dalil ‘aqli
Apabila Allah Ta’ala tidak berdiri dengan sendiriNya, berarti membutuhkan pertolongan dari selain diri-Nya, maka IA lemah, tidak sempurna dan tidak Mahakaya, sama seperti makhluk. Bila Allah sama dengan makhluk ciptaan-Nya, berarti IA juga makhluk. Padahal yang demikian itu mustahil, sebab IA bersifat qidâm dan baqâ. Maka patut bagi setiap mu’min mengi’tiqadkan bahwa ia senantiasa berhajat dan faqir kepada Allah Ta’ala

6. Wahdâniyah, “ اَلْوَحْـدَانِـيَّـةُ “

Artinya “ Esa Zat Allah Ta’ala “ dan mustahil berbilang . Maksudnya adalah, Allah Ta’ala Esa ; Zat-Nya, Sifat-Nya dan Fi’il-Nya. Dalilnya :
a. Dalil naqli.
Firman Allah Ta’ala Q.S.. Al-Ikhlas : 1

قُـلْ هُـوَ اللهُ اَحـَــدٌ

Artinya : “ Katakan ya Muhammad ! Dialah Allah Yang Maha Esa “.

b. Dalil ‘aqli.
Andai kata Tuhan itu berbilang atau lebih dari satu , maka akan timbul perselisihan diantara mereka atau berbeda faham, tentu akan binasa alam semesta ini. Sebab yang satu ingin begini dan yang satu lagi hendak begini pula. Oleh karena itu , mustahil pada akal bahwa , Tuhan yang mengatur alam ini tidak Esa. Maka patut bagi setiap mu’min mengi’tiqadkan bahwa ia melihat dengan mata bathinnya kepada fi’il Allah Ta’ala dalam setiap kejadian bahwa, itu tertib dari Allah Ta’ala

7. Hayât , “ اَلْحَـيَـاةُ “

Artinya “ Hidup “ . Maksudnya adalah , sifat hidup terdapat pada Zat Allah Ta’ala atau Zat Allah Ta’ala sifat-Nya adalah hidup, maka mustahil bersifat mati. Dalilnya :

a. Dalil naqli.
Firman Allah Ta’ala Q.S.. Al-Baqarah : 255

اللهُ لاَ إِلـهَ إِلاَّ هُـوَ الْحَـىُّ الْقَـيُّـوْمُ

Artinya : “ Allah Ta’ala tiada Tuhan selain Dia yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri “.

b. Dalil ‘aqli
Kalau saja misalnya Allah Ta’ala itu merupakan Zat yang mati, niscaya alam ini akan berantakan, sebab tidak ada yang mengendalikan. Sedangkan sebuah mobil yang meluncur dengan supir mengantuk akan terjun ke dalam jurang, apa lagi jika supirnya mati.

Demikian juga dengan alam yang luas ini ; matahari, bulan, bintang-bintang dan planet-planet yang beredar di ruang angkasa, termasuk manusia, akan hancur, jika yang mengaturnya mengantuk, apa lagi mati. Maka patut bagi setiap mu’min mengi’tiqadkan bahwa ia menyerahkan hidupnya kepada Allah Ta’ala yang Maha Hidup

8. ‘Ilmu , “ اَلْعِـلْـمُ “

Artinya “ tahu “ atau mengetahui . Maksudnya adalah ,Zat Allah Ta’ala mempunyai sifat ‘ilmu atau Zat Allah Ta’ala bersifat Maha Tahu, maka mustahil Allah Ta’ala bersifat jâhil atau tidak tahu. Dalilnya :
a. Dalil naqli.
Firman Allah Ta’ala dalam Q.S.. Al Baqarah : 29

وَهُـوَ بِـكُـلِّ شَـيْءٍ عَـلِيْـمٌ

Artinya :“ Dan Dia, (Allah Ta’ala) itu Maha Mengetahui segala sesuatu “.

b. Dalil ‘aqli
Allah Ta’ala Maha Tahu segala sesuatu, Maha Tahu terhadap segala yang telah diciptakan dan yang akan diciptakan, mustahil Allah Ta’ala tidak mengetahui atau bodoh terhadap hal tersebut, sebab kalau Allah Ta’ala bersifat bodoh, tidak tahu dan tidak berilmu, maka IA tidak dapat menguasai dan tidak dapat mengatur alam ini. Apabila alam semesta beserta isinya diperhatikan, maka mustahil menurut akal bahwa, penciptanya adalah, Zat yang tidak berilmu atau bodoh. Padahal manusia sebagi ciptaan-Nya saja memiliki ilmu , bahkan ada yang sangat berilmu, apa lagi IA. Maka patut bagi setiap mu’min mengi’tiqadkan bahwa ia sangat takut untuk berbuat maksiat, sebab Allah Ta’ala Maha Tahu segala hal dan perbuatannya.

9. Qudrat , “ اَلْقُـــدْرَةُ “

Artinya “kuasa“ dan mustahil lemah. Maksudnya adalah , Allah Ta’ala mempunyai sifat qudrat yang berdiri pada Zat-Nya atau qudrat itu memang sifat bagi Zat Allah Ta’ala . Dalilnya :

a. Dalil naqli

Firman Allah Ta’ala dalam Q.S.. Al – Baqarah : 30

إِنَّ اللهَ عَـلَى كُـلِّ شَـيْءٍ قَـدِيْـرٌ

Artinya : “ Sesungguhnya Allah Ta’ala atas segala sesuatu Maha Berkuasa ”.

b. Dalil ‘aqli
Alam semesta dan isinya adalah, ciptaan Allah Ta’ala , sebagaimana keterangan yang lalu. Maka sesungguhnya mustahil jika IA sendiri tidak menguasainya. Sebab andaikata Tuhan lemah tidak berkuasa, tentu tidak akan ada makhluk-Nya atau IA bukan Tuhan yang Maha berkuasa. Oleh karena itu, mustahil menurut akal , jika Allah Ta’ala lemah dan wajib pada akal bahwa, Allah Ta’ala Maha Berkuasa untuk menciptakan sesuatu atau meniadakannya. Maka patut bagi setiap mu’min mengi’tiqadkan bahwa ia senantiasa tawaddlu’ tidak takabbur atau sombong bahkan ia sangat takut kepada Allah Ta’ala yang Maha Kuasa

10. Irâdat , “ اَلإِرَادَةُ “

Artinya “ berkehendak “ dan mustahil dipaksa, Maksudnya adalah, dalam menentukan sesuatu atau memilih sesuatu , Allah Ta’ala berbuat menurut sekehendak-Nya . Dalilnya :

a. Dalil naqli
Firman Allah Ta’ala dalam Q.S.. Al-Buruj : 16

فَـعَّـالٌ لِـمَـا يُـرِيْـدُ

Artinya : “(Allah Ta’ala itu) Maha berbuat terhadap apa yang dikehendaki-Nya”.

b. Dalil ‘aqli
Dalam menciptakan sesuatu , Allah Ta’ala tetap menurut kehendak-Nya. Demikian juga dalam menentukan atau memilih. Mustahil Allah Ta’ala diatur atau dipaksa oleh kekuatan yang lain. Kalau Allah Ta’ala dapat dipaksa atau diatur oleh kekuatan yang lain, maka Ia lemah dan berarti Ia bukan tuhan. Oleh karena itu patut bagi setiap mu’min mengi’tiqadkan bahwa ia senantiasa bersyukur atas ni’mat Allah dan sabar atas ujianNya

11. Sama’ , “ اَلسَّـمْـعُ “

Artinya “ mendengar “. Mustahil Allah Ta’ala bersifat tuli . Maksudnya adalah , Zat Allah Ta’ala bersifat sama’ artinya , mendengar segala sesuatu atau sifat mendengar adalah , salah satu sifat yang tetap ada pada Zat Allah Ta’ala . Dalilnya :

a. Dalil naqli
Firman Allah Ta’ala dalam Q.S.. An-Nisa’ : 184

وَكَـانَ اللهُ سَـمِـيْعًـا عَـلِيْـمًـا

Artinya :“Dan adalah Allah Ta’ala itu Maha Mendengar dan Maha Mengetahui“.

b. Dalil ‘aqli
Allah Ta’ala mempunyai sama’, yaitu pendengaran dan mustahil tuli, sebab tuli adalah , sifat kekurangan. Allah Ta’ala mustahil bersifat kekurangan, karena sifat kekurangan itu adalah, sifat bagi zat baharu. Padahal kita yakin sepenuhnya bahwa, Allah Ta’ala itu bukan baharu , sebaliknya Allah Ta’ala adalah, pencipta segala yang baharu. Maka mustahil IA tuli , seperti yang baharu itu. Maka patut bagi setiap mu’min mengi’tiqadkan bahwa ia takut dan waspada dalam berkata-kata, karena Allah Ta’ala Maha Mendengar segala perkataan yang baik maupun yang buruk

12. Bashar , “ اَلْبَـصَـرُ “

Artinya “ penglihatan “ , mustahil buta atau tidak dapat melihat. Maksudnya adalah , Zat Allah Ta’ala bersifat bashar atau mempunyai penglihatan dan sifat ini adalah , salah satu sifat yang berdiri pada Zat-Nya. Dalilnya :

a. Dalil naqli
Firman Allah Ta’ala dalam Q.S.. Al-Hujarârat : 18.

وَاللهُ بَـصِيْـرٌ بِـمَـا تَـعْـمَـلُوْنَ

Artinya : “ Dan Allah Ta’ala maha melihat segala apa saja yang kamu kerjakan ”.

b. Dalil ‘aqli
Semua gerak gerik dari segala pekerjaan manusia , dilihat oleh Allah Ta’ala, mustahil IA buta, sebab buta adalah, sifat kekurangan. Padahal sifat kekurangan adalah, sifat makhluk-Nya . Apabila Tuhan juga buta, maka IA adalah makhluk , padahal mustahil tuhan menjadi makhluk , sebagai mana yang diterangkan pada awal kajian ini. Maka patut bagi setiap mu’min mengi’tiqadkan bahwa ia tidak akan berbuat dosa dan maksiat, sebab Allah Ta’ala Maha Melihat segala perbuatannya.

13. Kalâm , “ اَلْكَـلاَمُ “

Artinya “ berkata-kata “ dan mustahil Allah Ta’ala bisu. Maksudnya adalah , Allah Ta’ala mempunyai sifat kalâm atau mempunyai tutur kata. Dalilnya :

a. Dalil naqli
Firman Allah Ta’ala dalam Q.S.. An-Nisa’ : 164

وَكَـلَّمَ اللهُ مُـوْسَى تَـكْلِيْـمًـا

Artinya : “ Dan telah berkata-kata Allah Ta’ala dengan (Nabi Musa) sebenar – benar perkataan “

b. Dalil ‘aqli
Kalau saja Allah Ta’ala bisu , tentu tidak dapat memerintah dengan baik. Sedangkan sifat bisu adalah, sifat kekurangan. Jika IA bisu, maka Bagaimana mungkin dapat berfirman kepada para Rasul-Nya. Oleh sebab itu , sifat kalâm adalah, sifat kesempurnaan Allah Ta’ala yang wajib lagi qadîm yang berdiri pada Zat-Nya. Maka patut bagi setiap mu’min mengi’tiqadkan bahwa ia senantiasa memperbanyak zikir dengan harapan agar ia juga disebut Allah Ta’ala sebagai hambaNya.

14. Kaunuhu Haiyan, “ كَـوْنُـهُ حَـيََّـا “

Artinya “Zat Allah Ta’ala tetap dalam keadaan Maha Hidup“, mustahil Allah Ta’ala dalam keadaan mati. Sebab IA mempunyai sifat hayât yang telah ada dan berdiri pada Zat-Nya, maka Zat tersebut haiyun. Dalilnya sama dengan dalil sifat hayât.

15. Kaunuhu ‘Âliman, “ كَـوْنُـهُ عَـالِـمًـا “

Artinya “Zat Allah Ta’ala tetap dalam keadaan Maha Mengetahui.” Maksudnya adalah, mustahil jahil (dalam keadaan tidak mengetahui). Oleh karena, IA bersifat tahu dan dalam keadaan mengetahui. Mustahil tidak tahu, apalagi dalam keadaan tidak mengetahui. Dalilnya sama dengan dalil sifat ‘ilmu

16. Kaunuhu Qâdiran. “ كَـوْنُـهُ قَـادِرًا “

Artinya “Zat Allah Ta’ala tetap dalam keadaan Maha Kuasa,“ maka mustahil dalam keadaan lemah, karena IA mempunyai sifat qudrat. Dalilnya sama dengan dalil sifat qudrat.

17. Kaunuhu Murîdan, “ كَـوْنُـهُ مُـرِيْـدًا “

Artinya “ Zat Allah Ta’ala tetap dalam keadaan Maha Menghendaki,” atau Maha Menentukan, maka mustahil dalam keadaan terpaksa atau tidak berkehendak, karena IA mempunyai sifat irâdat. Dalilnya sama dengan dalil sifat irâdat.

18. Kaunuhu Sami’an, “ كَـوْنَـهُ سَـمِـيْـعًا “

Artinya “ Zat Allah Ta’ala senantiasa dalam keadaan Maha Mendengar,” maka mustahil dalam keadaan tuli atau tidak mendengar, karena Ia mempunyai sifat sama’ yang tetap ada pada zat-Nya. Dalilnya sama dengan dalil sifat sama’

19. Kaunuhu Basîran, “ كَـوْنُـهُ بَصِيْـرًا “

Artinya “ Zat Allah Ta’ala tetap dalam keadaan Maha Melihat, “ maka mustahil dalam keadaan buta ataupun tidak melihat, karena Ia mempunyai sifat bashar yang tetap berdiri pada Zat-Nya . Dalilnya sama dengan sifat bashar.

20. Kaunuhu Mutakalliman, “ كَـوْنُـهُ مُـتَـكَلِّمًـا “

Artinya “ Zat Allah Ta’ala tetap dalam keadaan Maha Bertutur Kata ,” maka mustahil Allah Ta’ala dalam keadaan bersifat bisu atau tidak dapat bertutur kata, karena IA mempunyai sifat kalâm. Dalilnya sama dengan sifat kalâm.

Demikianlah, dua puluh sifat kamãlãt Allah Ta’ala serta mustahilnya, yang telah didukung oleh dalil-dalil naqli dan ‘aqli, secara rinci dan jelas.


SIFAT MUSTAHIL BAGI ALLAH :

1.’Adam 
artinya tidak ada
Adam merupakan kebalikan dari sifat wajib wujud (ada). Adanya alam semesta dan semua isinya membuktikan adanya Allah sebagai zat yang maha Pencipta segala sesuatu. Mustahil kalau Allah Tidak ada, maka siapa yang menciptakan dan mengatur alam semesta ini? Secara akal tidak mungkin alam semesta diciptakan oleh manusia atau makhluk lainnya. Allah berfirman, yang artinya: “Dan Dialah yang telah menciptakan bagi kamu sekalian, pendengaran, penglihatan dan hati. Amat sedikitlah kamu bersyukur. Dan Dialah yang menciptakan serta mengembang biakkan kamu di bumi ini dan kepada-Nya lah kamu akan dihimpunkan. Dan Dialah yang menghidupkan dan mematikan, dan Dialah yang (mengatur) pertukaran malam dan siang. Maka apakah kamu tidak memahaminya?” [Q.S. al-Mu'minun 78-80]

2. Hudutz
artinya baru atau ada permulaannya
Hudutz merupakan kebalikan dari sifat wajib qidam (dahulu). Mustahil Allah bersifat baru, karena sesuatuyang baru pasti ada yang menciptakan. Padahal Allah SWT adalah Sang Khalik pencipta semua makhluk-makhluk-Nya, tidak mungkin terjadi bahwa yang menciptakan itu akan didahului oleh apa-apa yang diciptakan Allah berfirman, yang artinya: “Dialah Yang Awal dan Yang Akhir, Yang Lahir dan Yang Batin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.” [Q.S. al-Hadid 3]

3. Fana’
artinya musnah/binasa Sifat fana’ merupakan kebalikan dari sifat wajib baqa’ (kekal). Mustahil Allah SWT itu rusak atau binasa. Apabila Allah SWT rusak atau binasa, maka sifat-sifat Allah itu sama dengan sifat makhluk-makhluk-Nya yang rusak dan binasa. Allah berfirman, yang artinya: Semua yang ada di bumi itu akan binasa. Dan tetap kekal Wajah Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan. [Q.S. ar-Rahman 26-27] Dunia ini bersifat fana’ (rusak) sebagaimana gambaran sebatang pohon yang tumbuh berkembang dan akhirnya mati *

4. Mumaatzalatu lil Khawaaditzi
artinya menyerupai sesuatu yang baru atau yang bermulaan*
Sifat mumaatzalatu lil Khawaaditzi merupakan kebalikan dari sifat mukhaalafatu lil hawaaditzi (berbeda dengan segala makhluk). Mustahil Allah SWT sama dengan makhluk-Nya. Jika Allah SWT menyamai salah satu makhluk-Nya, tentulah Allah memiliki sifat kelemahan dan tidak kuasa untuk menciptakan alam semesta beserta isinya. Allah berfirman, yang artinya: “dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia.” [Q.S. al-Ikhlas 4] *

5. Ikhtiyaaju Lighoirihi
artinya membutuhkan sesuatu kepada yang lain* 
Ikhtiyaaju Lighoirihi merupakan kebalikan dari sifat qiyaamuhu binafsihi (berdiri sendiri). Mustahil Allah SWT membutuhkan kepada salah satu makhluk-Nya karena Allah SWT Maha Kaya dan seluruh alam semesta ini adalah milik-Nya. Allah berfirman, yang artinya: “… Dan Allah-lah yang Maha Kaya sedangkan kamulah orang-orang yang membutuhkan (Nya)…” [Q.S. Muhammad 38] *

6. Ta’addud
artinya berbilang atau lebih dari satu.
Ta’addud merupakan kebalikan dari sifat wajib wahdaniyah (esa). Allah itu Maha Esa dalam Zat-Nya, sifat-sifat dan juga af’al-Nya. Maka, mustahil bahwa Allah itu lebih dari satu karena akan menimbulkan perselisihan dan kehancuran. Allah berfirman, yang artinya: Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: “Bahwasanya Allah salah satu dari yang tiga”, padahal sekali-kali tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir di antara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih. [Q.S. al-Maa'idah 73] *

7. al-’Ajzu 
artinya lemah.
‘Ajzun merupakan kebalikan dari sifat wajib qudrat (kuasa). Adanya alam semesta ini merupakan bukti bahwa Allah SWT kuasa terhadap segala sesuatu dan tak ada yang dapat melemahkan Allah. Allah berfirman, yang artinya: “…Dan tiada sesuatu pun yang dapat melemahkan Allah baik di langit maupun di bumi. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa.” [Q.S. Fathir 44] *

8. al-Karaahah
artinya terpaksa.
Karaahah merupakan kebalikan dari sifat wajib iradat (berkehendak). Allah SWT itu Maha Berkehendak dan tidak ada sesuatau pun yang mampu menghalang-halangi apa saja yang sudah dikehendaki Allah. Mustahil Allah SWT dipaksa, diperintah, atau diancam agar mau menjadikan sesuatu atau tidak menjadikan sesuatu. Allah berfirman, yang artinya: “…Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki.” [Q.S. Huud: 107] *

9. Jahlun
artinya bodoh
Jahlun merupakan keballikan dari sifat wajib ilmu (mengetahui). Allah Maha Mengetahui segala sesuatu baik apa yang terjadi, yang akan terjadi maupun yang sudah terjadi, bahkan Allah juga tahu apa-apa yang dirahasiakan makhluk-Nya. Maka mustahil kalau Allah SWT itu memiliki sifat tidak tahu atau bodoh. Allah berfirman, yang artinya: “…Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” [Q.S. al-Mujaadilah 7] *

10. Mautun
artinya mati
Mautun merupakan kebalikan dari sifat wajib hayat (hidup). Allah SWT adalah Maha Hidup, tidak ada permulaan atau pun penghabisan, dan tidak mengalami perubahan sama sekali bahkan tidak mengantuk dan tidak pula tidur. Allah berfirman, yang artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur…”[Q.S. al-Baqarah 255] *

11. Shomamun
artinya tuli
Shomamun merupakan kebalikan dari sifat wajib sama’ (mendengar) Mustahil Allah SWT bersifat shomamun atau tuli. Seandainya Allah SWT itu tuli pastilah mempunyai sifat kekurangan, cela dan noda. Allah SWT adalah Maha Sempurna dan tidak memiliki kekuarangan sedikit pun. Allah berfirman, yang artinya: “…Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” [Q.S. al-Baqarah 256] *

12. ‘Umyun
artinya buta
‘Umyun merupakan kebalikan dari sifat wajib bashor (melihat). Allah SWT Maha Melihat segala sesuatunya dan tidak ada satu pun benda yang terluput dari penglihatan-Nya meskipun bersembunyi di lubang semut pun Allah akan melihatnya. Allah berfirman, yang artinya: “Dia mengetahui (pandangan) mata yang khianat dan apa yang disembunyikan oleh hati … Sesungguhnya Allah, Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” [Q.S. al-Mu'min 19-20] *

13. Bukmun
artinya bisu
Bukmun merupakan kebalikan dari sifat wajib kalam (berbicara). Mustahil Allah SWT bersifat bisu. Seandainya Allah bersifat bisu bagaimana mungkin para Nabi dapat menerima wahyu. Allah berfirman, yang artinya: “Rasul-rasul itu Kami lebihkan sebagian mereka atas sebagian yang lain. Di antara mereka ada yang Allah berkata-kata (langsung dengan dia) dan sebagiannya Allah meninggikannya beberapa derajat…”[Q.S. al-Baqarah 253] Adapun tujuh sifat mustahil bagi Allah SWT berikut merupakan penguat dari tujuh sifat mustahil sebelumnya (sifat ma’nawiyah) *

14. ‘Aajizan artinya Maha Lemah
15. Kaarihan artinya Maha Terpaksa
16. Jaahilan artinya Maha Bodoh
17. Mayyitan artihnya Maha Mati
18. Asamma artinya Maha Tuli
19. A’maa artinya Maha Buta
20. Abkama artinya Maha Bisu