Rabu, 06 Maret 2013

SITUS CANDI SIMBATAN ( ARCA DEWI SRI )


Satu lagi obyek wisata yang ada di kabupaten Magetan.Obyek wisata itu adalah situs purbakala Candi Simbatan atau Arca Dewi Sri.Situs purbakala ini terletak di Desa Simbatan kecamatan Nguntoronadi kabupaten Magetan,dengan jarak +/- 17 Km ke arah timur dari kota Magetan. 
 
Sejak tahun 1813 Arca Dewi Sri pada setiap hari Jum’at Pahing bulan Muharram akan dilaksanakan bersih desa secara rutin tiap tahunnya yang diadakan oleh warga setempat di siang harinya. Sejak tahun 1933 sampai tahun 1942, pada Arca Dewi Sri tepat pada dada kiri dan kanan mengeluarkan sumber air yang bersih, air bersih ini oleh sebagian besar warga luar magetan di percayai dapat menyembuhkan berbagai penyakit, sehingga banyak warga luar kota magetan yang mengambilnya.
Di dalam bangunan utama Candi Simbatan terdapat arca tokoh perempuan yang oleh warga sekitar di percayai sebagai sosok Dewi Sri.Dewi Sri dalam mitologi masyarakat Hindu-Jawa, dianggap sebagai tokoh perempuan yang memberikan sumber penghidupan.
Dari tahun ke tahun Candi ini sudah mengalami perbaikan,namun tidak menghilangkan keasliannya.Bagi anda yang ingin melihat Obyak Wisata Candi Simbatan, silahkan datang ke Desa simbatan Kec nguntoronadi Magetan.Mari kita lestarikan budaya Magetan untuk menuju Magetan Kumandang.
Sumber : magetanindah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar